Sistem Informasi Manajemen RS
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT
Definisi
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakityang selanjutnya disingkat SIMRS adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasiyang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakitdalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasiuntuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat, dan merupakan bagian dari Sistem Informasi Kesehatan. Tata kelola sistem informasi yang baik harus selaras dengan fungsi,visi, misi dan strategi organisasi. Dengan demikian secara umum sistem informasi Rumah Sakit harus selaras dengan bisnis utama (core bussines) dari Rumah Sakit itu sendiri.
Arsitektur SIMRS
}Arsitektur SIMRS paling sedikit terdiri atas:
a. kegiatan pelayanan utama (front office);
b. kegiatan administratif (back office); dan
c. komunikasi dan kolaborasi
}Rumah Sakit dapat mengembangkan SIMRS dengan menambahkan arsitektur pendukung yang
berupa Picture Archiver System (PACS), Sistem Manajemen Dokumen (Document Management System),
Sistem Antar Muka Peralatan Klinik, serta Data Warehouse dan Bussines Intelegence.
Kegiatan Pelayanan Utama (Front Office)
}Selama proses perawatan, pasien akan menggunakan sumber daya, mendapat layanan dan
tindakan dari unit-unit seperti farmasi, laboratorium, radiologi, gizi, bedah,invasive, diagnostic
non invasive dan lainnya.
}Unit tersebut mendapat order/pesanan dari dokter (misalnya berupa resep untuk farmasi,
formulir lab dan sejenisnya) dan perawat.
}Jadi dokter dan perawat sebagai aktor/SDM inti pada proses bisnis Rumah Sakit (seluruh order
berasal dari mereka).
}Karena itu kami menyebutkan inti sistem ini sebagai order communication system.
Front Office SIM RS terdiri dari :
1. Antrian registrasi
2. Modul appointment
3. Registrasi
4. Pelayanan informasi Pengaduan
5. Pelayanan informasi publik
Pelayanan Administratif ( Back-Office )
Rumah Sakit merupakan unit yang mengelola sumber daya fisik (manusia, uang, mesin/alat kesehatan/aset, material seperti obat, reagen, alat tulis kantor, barang habis pakai dan sejenisnya). Walaupun proses bisnis setiap Rumah Sakit unik tapi tetap terdapat proses umum, diantaranya perencanaan, pembelian/pengadaan, pemeliharaan stok/inventory, pengelolaan Aset, pengelolaan SDM, pengelolaan uang (hutang, piutang, kas, buku besar dan lainnya). Proses back office ini berhubungan/link dengan proses pada front office.
Back- Office terdiri dari :
1. Medical record
2. Akuntansi keuangan
3. Remunerasi
4. Mobilisasi dana
5. Unit binatu dan sterilisasi
6. Inventory medik dan non medik
7. Kepegawaian dan penggajian
8. Unit pemeliharaan sarana medik
9. Unit SIMRS.
Komunikasi dan Kolaborasi
KOMUNIKASI
One Medic – One Solutions for Health Information System merupakan suatu aplikasi piranti lunak yang telah dikembangkan sejak tahun 2008. Protocol komunikasi yang tersedia telah dilengkapi dengan system keamanan sehingga dapat menekan berbagai tindakan cyber crime oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Desain aplikasi SIMRS One Medic berbasis Web dimana pengguna dapat melakukan integrasi dengan pihak-pihak internal maupun eksternal secara online’. Manfaat Intergasi secara Online bertujuan untuk mengantisipasi pengulangan pekerjaan administrasi yang dapat memicu terjadinya human error sehingga potensi kerugian Rumah Sakit dapat ditekan.
Fitur- Fitur SIMRS one medic
}Security system: modul ini dapat mengatur informasi dan data yang diperbolehkan untuk diakses baik oleh pihak internal maupun eksternal. Pengaturan tersebut dilakukan selain untuk melindungi kerahasiaan data pasien juga untuk menghindari penyalahgunaan informasi penting lainnya oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
}MPI (message passing interface) server solutions: adalah sistim komunikasi online yang dirancang untuk menjembatani komunikasi antar sistem. Aplikasi MPI server solutions dapat digunakan sebagai alat konfirmasi hak-hak pasien terhadap jenis tindakan medis dan obat-obatan yang dapat diberikan oleh Rumah Sakit sesuai dengan ketentuan Pihak Penjamin
}Billing records system: seluruh data tindakan medik dan obat-obatan yang diberikan pada pasien otomatis terekam secara online dan dapat diatur sesuai dengan format penagihan yang ditetapkan oleh Pihak Penjamin. Feature ini dapat mempersingkat proses pekerjaan administrasi penagihan sehingga dapat menekan angka piutang.
KOLABORASI
}Salah satu kolaborasi untuk mengembangkan SIMRS adalah dalam bentuk Kerjasama
Operasional (KSO) atau Build Operational Transfer (BOT)
}KSO merupakan bentuk kerjasama antara 2 belah pihak atau lebih dimana masing-masing
pihak sepakat untuk melakukan suatu usaha bersama dengan menggunakan asset dan/atau
hak usaha yang dimiliki dan secara bersama-sama menanggung resiko atas usaha tersebut.
}RSmempunyai peluang pasar berupa kunjungan pasien, sedangkan konsultan/vendor
akanbertindak sebagai investor untuk menyediakanteknologi informasi yang selalu update
baik berupa
1)Perangkat keras (Server, PC &Jaringan)
2)Perangkat lunak (Software)
3)Sumber daya manusia (Brainware) baik tenaga operator ( Data Entry), Programmer
maupun tenaga lainnya.
Komponen Utama SIMRS
6 Komponen utama penunjang terlaksananya SIMRS :
1. Software (Sistem Informasi Manajeman Rumah Sakit)
2. Hardware (perangkat Keras berupa komputer, printer dan lainnya)
3. Networking (jaringan LAN, wireless dan lainnya)
4. SOP (Standard Operating Procedure)
5. Komitmen (komitmen semua unit / departemen / instalasi yang terkait untuk sama-sama
mejalankan sistem karena sistem tidak akan berjalan tanpa di-input)
6. SDM (sumberdaya manusia adalah faktor utama suksesnya sebuah sistem dimana data di-
input dan diproses melalui tenaga SDM tersebut).
#Mohon maaf jika ada penulisan yang salah didalamnya
#Mahasiswa
Bagus Artikelnya👌🏻 Artikel ini sangat membantu.
BalasHapusMakasih ddek @Aishatur Rida
BalasHapus